Sabtu, 15 Januari 2011

Minggu, 16 Januari 2011: Komitmen

Komitmen (Ams 22:29)

Umumnya perusahaan besar memiliki standar penilaian terhadap kelayakan seorang karyawan naik pangkat/dipromosikan, yaitu berdasarkan komitmen dan karakter, juga performance. Bukan hanya performance/kompetensi yang menjadi tolok ukur.

Seorang petani menyuruh anaknya setiap hari ke sawah. "Kau tidak perlu memaksa anakmu bekerja keras, tanaman itu akan tetap tumbuh subur" kata teman petani. "Aku tidak sedang memupuk tanamanku, tapi aku menumbuhkan rasa tanggung jawab di hidup anakku". Ternyata membina seorang anak untuk bertanggung jawab itu bisa dengan melatih dia agar rajin bekerja.

Seorang pemuda menjalani masa percobaan di sebuah toko sepeda. Suatu hari seseorang membawa sepedanya yang rusak untuk diperbaiki. Selain memperbaiki, pemuda ini mencuci sepeda hingga bersih, Perbuatannya ditertawakan oleh temannya yang juga dalam masa percobaan. Tetapi besoknya pemilik sepeda datang dan anak itu direkrut menjadi pegawainya. Ternyata untuk memenangkan hati atasan cukup mudah, cukup punya inisiatif di atas rata-rata mereka yang cuek

Suatu Ketika Mercedez Benz owner memiliki masalah dengan kran air di kamar mandi dalam rumahnya. Kran tersebut selalu bocor sampai Big Boss Marcedez itu khawatir akan keselamatan anaknya yang mungkin saja dapat terpeleset dan jatuh. Mengikuti rekomendasi temannya, Mr. Benz menghubungi tukang ledeng agar memperbaiki kran miliknya. Akhirnya dibuat perjanjian untuk memperbaiki yaitu 2 hari kemudian. Karena si tukang ledeng cukup sibuk. Sama sekali si Tukang ledeng tidak mengetahui bahwa si penelpon adalah termasuk orang penting, pemilik perusahaan mobil terbesar di Jerman. Setelah ditelpon, satu hari kemudian si tukang ledeng menghubungi Mr. Benz untuk menyampaikan ucapan terima kasih karena telah bersedia menunggu hingga satu hari lagi. Mr. Benz-pun kagum atas pelayanan si tukang ledeng dan cara berbicaranya. Hari berikutnya pada hari yang telah ditentukan, si tukang ledeng datang untuk memperbaiki kran yang bocor di rumah Mr. Benz. Setelah diutak-atik, akhirnya kran pun selesai diperbaiki dan setelah menerima pembayaran atas jasanya, si tukang ledeng pulang. Sekitar 2(dua) minggu kemudian setelah hari itu, si tukang ledeng menelpon Mr. Benz untuk menanyakan apakah kran yang telah diperbaiki sudah benar-benar beres dan tidak ada masalah yang timbul? Ternyata Mr. Benz puas akan kerja si tukang ledeng dan mengucapkan terima kasih atas pelayanan si tukang ledeng. Mr. Benz berpikir, bahwa orang ini pasti orang yang hebat walaupun hanya tukang ledeng. Beberapa bulan kemudian Mr. Benz merekrut si tukang ledeng untuk bekerja di perusahaannya. Tahukah Anda siapa namanya? Ya, dialah Christopher L. Jr. Saat ini jabatannya adalah General Manager Customer Satisfaction and Public Relation di Mercedez Benz.



Kebiasaan yang baik perlu dijaga, Amsal 22:29 "Pernahkah engkau melihat orang yang cakap dalam pekerjaannya?Di hadapan raja-raja ia akan berdiri, bukan di hadapan orang-orang hina" Jadi orang yang rajin, terampil, berkomitmen, dan tak kenal menyerah semakin hari akan ditambahkan kapasitasnya. Kemanapun ia melangkah akan mendapat posisi baik.

Paculah diri menjadi orang yang setia, berkarakter baik, memiliki keunggulan, niscaya kita akan berdiri di hadapan raja-raja.

- Christ & Sylvia